Sosialisasi OJS

Di Era Digital seperti saat ini, aktivitas manusia hampir seluruhnya membutuhkan bantuan teknologi dengan berbagai tujuan, baik untuk efisiensi waktu, kemudahan, sampai sebagai database pengarsipan dan lain-lain, tak terkecuali perguruan tinggi. Jika merujuk kepada fungsi Tridharma Perguruan Tinggi seperti melaksanakan pendidikan, pengabdian kepada masyarakat, poin penting lainnya adalah penelitian. Perguruan Tinggi yang menginginkan akreditasi sangat baik serta Unggul (A) tentunya dituntut untuk memenuhi beberapa criteria dan standar yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, yang salah satunya jurnal ilmiah, baik yang disusun oleh dosen maupun mahasiswa.

Adapun sisi positif dari adanya jurnal online adalah rekam jejak history jurnal, dokumentasi secara online bahkan bias menjadi bukti dari keaktifan dosen dalam menulis karena sitasi karya ilmiah Dosen tersebut akan meningkat apabila dapat terindeks (paling tidak di Google Scholar). Dengan adanya catatan tersebut, dosen yang bersangkutan akan berpeluang memiliki karir yang lebih baik, terlebih jika jurnal yang ditulis dipublikasikan di web yang terindek pada database international. Selain di dapatkan oleh dosen, keuntungan juga akan diarasakan oleh perguruan tinggi yang mengangkat dosen tersebut di lembaganya. Kombinasi antara penelitian dan pengabdian kepada masyarakat juga bias saja terbentuk jika tulisan yang dilakukan oleh peneliti memiliki dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

Hal ini I tentu saja menjadi momen penting mengingat bahwa tidak semua pengelola jurnal paham mengenai pengelolaan system jurnal online yang baik dan benar. Dengan diwajibkannya suatu lembaga pendidikan tinggi untuk mampu mengelola jurnal secara online tersebut, maka kebutuhan SDM yang menguasai ilmukomputer (IT) pun akan semakin tinggi. Hal ini dikarenakan sistem yang digunakan akan selalu berubah dan berkembang seiring berjalannya waktu.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk melatih pengelola jurnal di Program studi Unika dalam mengenal fitur-fitur OJS sehingga pengelolaan jurnal program studi dapat lebih teratur dan maksimal dalam mengelola jurnal yang sedang dibangun sehingga akreditasi jurnal program studi tersebut semakin meningkat

  • Narasumber

1.       Tonni Limbong, S.Kom., M.Kom.

2.       Alex Rikki, S. Kom., M.Kom.

Acara dilaksanakan pada Rabu, 1 Desember 2021 di Aula Magna Lt 3 Perpustakaan Unika Santo Thomas pukul 09.00 s/d 15.30 Wib. Acara berlangsung dengan baik dan lancar